Tiga Manfaat Olahraga Lari

Tiga Manfaat Olahraga Lari

Lari merupakan salah satu jenis olahraga ringan dan murah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan olahraga lari bisa Anda lakukan kapan dan dimanapun Anda berada tanpa membutuhkan peralatan khusus olahraga atau mengeluarkan biaya sepeserpun, mungkin hanya memerlukan sepatu. Disamping mudah dan murah untuk dilakukan, terdapat banyak manfaat olahraga lari yang akan diperoleh ketika Anda rutin melakukannya.

Secara umum, lari bisa menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya serta meningkatkan daya tahan tubuh. Disamping itu, lari juga memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh yakni melancarkan aliran dan sirkulasi peredaran darah, meningkatkan kebugaran tubuh, memicu pengeluaran enzim yang meningkatkan kinerja jantung dan otot menjadi lebih baik. Selain itu, masih terdapat beberapa manfaat olahraga lari yang wajib Anda ketahui. Di bawah ini ialah beberapa diantaranya:

1. Mampu mengurangi berat badan berlebih

Olahraga lari dinilai mampu mengurangi berat badan berlebih secara ampuh dikarenakan gerakannya mampu membakar kalori dan penumpukan lemak yang terdapat di dalam tubuh. Mengenai jumlah kalori dan lemak yang terbakar dipengaruhi oleh seberapa cepat Anda melakukan gerakan serta seberapa jauh jarak lari yang ditempuh.

2. Menungkatkan kesehatan lutut dan kaki

Olahraga lari secara rutin memberikan manfaat berupa kesehatan kaki dan lutut. Beberapa studi dan penelitian juga telah membuktikan bahwa lari mampu menurunkan resiko terjangkitnya arthritis dan gangguan persendian pada lutut dan kaki, bahkan rutin melakukan lari juga dinilai dapat merangsang pembentukan tulang rawan pada lutut. Akan tetapi, jika Anda mempunyai riwayat penyakit atau nyeri persendian di bagian lutut dan kaki sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memulai olaharaga lari secara rutin.

3.  Mencegah timbulnya osteoporosis

Sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya mengenai manfaat lari yakni mampu membentuk tulang rawan. Dalam hal ini, melakukan lari secara rutin dapat mendorong terbentuknya tulang baru dan meregenerasi tulang-tulang lama sehingga dapat mencegah atau meminimalisir timbulnya osteoporosis di kemudian hari.

Itulah manfaat olahraga lari yang bisa diperoleh ketika Anda rutin melakukannya disertai cara dan gerakan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *